Pengertian Jaringan LAN

Sebuah Jaringan area lokal (bahasa Inggris: local area network (LAN) adalah jaringan komputer yang menyambungkan komputer dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor. Sebaliknya, jaringan area luas (WAN) tidak hanya mencakup jarak geografis yang lebih besar, tetapi juga umumnya melibatkan sirkuit telekomunikasi sewaan.

Ethernet dan Wi-Fi adalah dua teknologi paling umum yang digunakan untuk jaringan area lokal. Teknologi jaringan historis termasuk ARCNET, Token ring, dan AppleTalk.

Topologi jaringan menjelaskan tata letak interkoneksi antara perangkat dan segmen jaringan. Pada Lapisan taut data dan lapisan fisik, berbagai topologi LAN telah digunakan, termasuk ring, bus, mesh dan star.

LAN sederhana umumnya terdiri dari pemasangan kabel dan satu atau lebih switch. Switch dapat dihubungkan ke router, modem kabel, atau modem ADSL untuk akses Internet. LAN dapat mencakup beragam perangkat jaringan lain seperti firewall, penyeimbang muatan, dan deteksi intrusi jaringan.LAN tingkat lanjut ditandai dengan penggunaan tautan redundan dengan sakelar yang menggunakan protokol spanning tree untuk mencegah loop, kemampuannya mengelola berbagai jenis lalu lintas melalui quality of service (QoS), dan kemampuannya untuk memisahkan lalu lintas dengan VLAN.

Pada lapisan jaringan yang lebih tinggi, protokol seperti NetBIOS, IPX/SPX, AppleTalk dan lain-lain dulunya umum, tetapi paket protokol Internet (TCP / IP) telah berlaku sebagai standar pilihan.

LAN dapat mempertahankan koneksi dengan LAN lain melalui leased line, layanan leased, atau melintasi Internet menggunakan teknologi jaringan pribadi virtual. Tergantung pada bagaimana koneksi dibuat dan diamankan, dan jarak yang terlibat, LAN terkait seperti itu juga dapat diklasifikasikan sebagai metropolitan area network (MAN) atau jaringan area luas (WAN).

Itulah penjelasan singkat tentang jaringan LAN.Jika kantor anda membutuhkan instalasi jaringan silahkan bisa order jasa kami  KLIK DISINI respon cepat.